Header Ads

Pengetahuan Dasar Sebelum Membangun Kolam Renang Pribadi

Memiliki kolam renang pribadi mungkin menjadi kebutuhan bagi sebagian orang, baik untuk kesenangan maupun kesehatan. Menjaga kolam tetap sehat secara benar, mungkin akan menjadi pekerjaan yang sangat rumit. Namun dengan panduan berikut, akan memudahkan langkah - langkah Anda dalam mewujudkan pembangunan kolam renang pribadi di rumah. Berikut ini informasi dasar yang harus Anda ketahui.
Sistem Filter Kolam Renang

Dua area yang paling penting untuk dipantau dan dikendalikan di kolam renang Anda adalah penyaringan dan keseimbangan air yang tepat. Mengetahui dasar kunci penting akan bisa menghemat biaya dan mengurangi masalah yang tidak diperlukan. Ada tiga tipe dasar sistem filtrasi, Masing-masing filter melakukan fungsi yang sama. Mereka berfungsi menyaring air kolam Anda secara berkala. Namun tingkat keefektifan filter yang ada di pasaran berbeda - beda.

Saringan pasir hanya berupa filter yang menggunakan pasir bergradasi khusus sebagai media. Air memasuki filter melalui diffuser, dan kontaminan dan puing-puing terjebak dalam butiran pasir di dalam saringan. Air kolam terus mengalir melalui filter, memasuki lateral di dasar saringan, dan dikembalikan ke kolam. Jenis filter ini hanya akan menjebak kontaminan berukuran 40 mikron atau lebih besar.
Filter kartrid menggunakan lembar seperti kertas sebagai media saringan. Jenis filter ini biasanya dibuat dengan ukuran medium 300 - 500 kaki persegi. Filter ini membutuhkan pembersihan dan penggantian satu atau dua kali dalam setahun. Filter jenis ini bekerja lebih baik dibandingkan dengan filter pasir.
Filter dengan tanah diatome (DE) sebagai mediumnya. Zat ini tidak lebih dari batuan sedimen yang mengandung silikat, yang merupakan media penyaringan yang baik. Grid di perumahan filter dilapisi dengan DE, dan dapat menyaring partikel sekecil lima mikron. Filter ini dicuci kembali untuk tujuan pembersihan, kemudian diisi ulang dengan bubuk DE lebih banyak. Bubuk DE dituangkan ke dalam skimmer kolam renang yang menyeimbangkan grid pada casing filter melalui peredaran air di kolam. Karena kemampuan penyaringannya yang tinggi, filter DE akan berjalan pada tekanan yang lebih tinggi daripada filter standar atau saringan pasir, yang dapat menyebabkan inefisiensi dan kehilangan aliran di kolam.

Perlengkapan Pembersih Kolam Renang

Anda akan membutuhkan jaring untuk membersihkan kotoran pada permukaan kolam renang, sikat bulu kaku dan pembersih untuk membersihkan sisi kolam renang, serta barang-barang berguna lain seperti pemeriksa tingkat kadar keasaman air kolam.
Memahami Penggunaan Bahan Kimia untuk Air Kolam

Anda juga harus tahu dasar-dasar penggunaan bahan kimia untuk air kolam, dan tahu bagaimana membersihkan sanitasi kolam Anda serta menjaga keseimbangan pH kolam Anda dengan benar. Meskipun banyak metode yang berbeda digunakan, namun pada dasarnya prosesnya sederhana - Anda menjaga agar air bebas dari kontaminan dan mempertahankan tingkat pH di kisaran 7,2 - 7,8. Strip tes sederhana digunakan untuk memeriksa keseimbangan pH. Anda cukup menempatkan strip tes putih ke kolam renang untuk beberapa saat, dan membandingkan perubahan hasil warna dengan grafik strip tes yang menunjukkan keseimbangan yang tepat. Jika tingkat pH kolam Anda tidak sesuai grafik keseimbangan pH, cukup melakukan penambahan penghambat pH atau increaser (tersedia di toko peralatan kolam renang) sampai tingkat pH berada pada kisaran yang tepat.

Sanitasi kolam renang adalah salah satu aspek terpenting memiliki kolam, karena ini mempengaruhi kesehatan dan keselamatan pengguna kolam renang. Klorin atau bromin digunakan dalam proses ini, dan ditambahkan ke air pada jadwal rutin yang disarankan oleh produsen kolam renang. Pengisi klorin tersedia yang mengapung di kolam Anda dan memegang tablet klorin, membuat sanitasi menjadi tugas yang lebih mudah. Karena klorin kehilangan keefektifannya selama periode waktu tertentu, bahan kimia yang disebut Schoker / Pelarut digunakan untuk menghilangkan klorin lama dan kontaminan yang telah dihilangkan klorin. Sedangkan bromin digunakan juga untuk membersihkan kolam renang, dan lebih disukai oleh orang-orang dengan kulit sensitif, namun lebih mahal daripada klorin.

Pertimbangan lain adalah ozonator kolam renang. Perangkat ini menghasilkan ozon melalui proses elektrik, yang membersihkan kolam secara efektif melalui oksidasi. Bagian yang sulit adalah menghasilkan cukup ozon di kolam yang lebih besar. Namun, melalui penggunaan ozonator, Anda bisa mengurangi jumlah bahan kimia kolam renang yang digunakan sebanyak 60 persen, yang merupakan penghematan besar sepanjang masa kolam renang.
* Respon cepat Jasa Kolam Renng Profesional: Telepon/WhatsApp. +6282131748714

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.