Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Instalasi Elektrik Kolam Renang Spa

Pemasangan panel kelistrikan untuk kolam renang bak mandi air panas mudah dilakukan, tentunya dengan persiapan yang tepat. Berdasarkan ukuran bak mandi, bisanya ukuran voltase yang dibutuhkan per unit adalah  120 atau 240 volt. Unit 120 volt yang lebih kecil dapat dipasang ke stopkontak secara langsung, sedangkan untuk unit yang lebih besar memerlukan instalasi listrik penuh secara penuh. Dalam panduan ini Anda akan dapat belajar cara instalasi kelistrikan untuk bak kolam mandi air panas 240 volt pada pelat eksterior dengan kabel ground yang berada di atas. Jika Anda kurang yakin untuk melakukannya sendiri, dianjurkan untuk selalu berkonsultasi dengan kontraktor jasa kolam renang profesional kepercayaan Anda:

Langkah 1 - Menempatkan Bak Air Panas pada Posisi yang di inginkan

Tempatkan bak kolam mandi air panas pada lempengan semen di lokasi yang diinginkan. Sebelum memulai, pastikan panel listrik utama pada rumah mudah diakses dari lokasi ini. Jika panel terletak di sisi lain rumah, Anda mungkin harus mempertimbangkan pengkabelan bawah tanah dari dan ke tempat bak kolam renang air panas.

Langkah 2 - Mempersiapkan Pengkabelan

Ukur panjang dari panel listrik utama ke paket spa dan kemudian panjang dari paket spa ke bak mandi air panas. Perlu diingat bahwa paket unit spa harus ditempatkan tidak lebih dekat dari lima kaki dari bak mandi air panas Anda. Anda juga harus memastikan bahwa area ini terbebas dari segala penghalang seperti pagar atau dinding. Kemudian lakukan pengukuran dan pemotongan kabel yang sudah diberi label. Bungkus ujung-ujung kabel sekitar tiga kaki dengan pita berwarna hitam, merah, hijau, dan putih. Setelah selesai, Anda harus memiliki satu dari masing-masing warna untuk panjang antara panel utama dan paket spa dan juga panjang dari paket spa ke bak mandi air panas.
Langkah 3 - Instalasi Pengkabelan 2

Gunakan pipa PVC untuk melindungi kabel yang sebelumnya dimasukan ke dalamnya. Jalankan kabel yang ditandai melalui saluran PVC. Pasang kabel ke panel kontrol bak mandi air panas, kemudian cocokan warna kabel untuk setiap coding sistem spa. Lakukan hal yang sama untuk kabel kedua, pasang ke sisi lain paket spa. Pada titik ini mulailah mengisi bak mandi air panas Anda dengan air. 
Langkah 4 - Memasang Breaker

Pasang dua tiang breaker pada ampli di panel servis listrik utama Anda. Ikuti arahan produsen untuk pemasangan yang aman dan benar. Pasang set terakhir kabel ke breaker. Sambungkan kabel hijau dan putih ke ground bar. Pastikan kabel dengan label warna hitam dan merah terhubung dengan pemutus yang sebenarnya.
Langkah 5 - Memulai bak mandi air panas

Setelah bak mandi diisi dengan air, Anda perlu melepaskan pemutus utama ke paket spa dan bak mandi air panas. Mungkin perlu beberapa jam agar bak mandi air panas menjadi panas. Gunakan waktu ini untuk membiasakan diri dengan fitur dan pengoperasian bak mandi air panas Anda.
* Respon cepat Jasa Kolam Renng Profesional: Telepon/WhatsApp. +6282131748714

Post a Comment for "Instalasi Elektrik Kolam Renang Spa"