Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Panduan Pemula untuk Kolam Renang Vinil


Kolam renang vinil memang belum begitu populer di Indonesia dibandingkan dengan kolam renang berstuktur beton. Namun keberadaanya sudah begati banyak digunakan di luar negeri. Dari segi biaya, kolam renang vinil mungkin akan sedikit lebih mahal dibandingkan dengan kolam biasa, namun dari segi efisiensi, kolam renang vinil dapat dikerjakan hanya dalam waktu satu minggu. Selain itu, kolam renang vinil mempunyai tekstur linier yang mampu mengurangi resiko terjadinya goresan pada dinding kolam dan tergelincir serta mempunyai fleksibilitas dalam desain yang cukup baik. Berikut panduan untuk kolam renang berbahan vinil:

Desain

Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, langkah pertama dalam membangun kolam impian Anda adalah mengumpulkan segala inforsmasi dan inspirasi kedalam daftar kebutuhan. Membuat daftar secara rinci atas keinginan Anda, memberikan gambaran dan kemudahan dari segi rancangan atau desain yang nantinya dituangkan kedalam gambar teknis dan implementasi.

Kolam vinil mempunyai sifat yang sangat fleksibel terhadap bentuk, ukuran, dan warnanya, sehingga Anda bisa mewujudkan kolam renang impian Anda. Ada banyak opsi pra-bayar yang hemat yang mungkin akan sesuai dengan anggaran Anda. Anda juga bisa membuat rancangan linier vinil sesuai keinginan namun akan memerlukan biaya tambahan.

Ada tiga jenis liner kolam renang yang berbeda dalam pemasangannya, diantaranya adalah: Pelapis kolam manik-manik yang dipasang pada setiap lintasan, liner kolam yang tumpang tindih dipasang di bawah garis coping, dan liner kolam unibead dipasang dengan kait J. Selain itu jenis material vinil juga mempunyai lapisan ketebalan yang berbeda-beda. Ketebalan 25-30 mil akan memiliki biaya awal yang lebih tinggi namun dapat bertahan lebih baik terhadap potensi kerusakan dan menghemat biaya perawatan. Lapisan liner yang lebih tipis akan memiliki biaya dimuka yang lebih rendah namun mempunyai risiko kerusakan yang lebih besar.

Salah satu elemen desain terakhir yang perlu dipertimbangkan adalah estitika profil kolam renang Anda. Anda perlu mempertimbangkan motif dan warna yang berkesesuaian dengan bentuk kolam serta lingkungan sekitar. Sehingga hasil akhir dari rancangan kolam renang Anda bisa dicapai dengan maksimal sesuai keinginan.

Instalasi

Dengan kolam vinyl, Anda memiliki pilihan bahan bangunan yang beragam seperti kayu dan beton. Pilihan bahan struktur dari polimer galvanis adalah bahan yang paling umum digunakan. Bahan struktur ini akan mempengaruhi umur kolam, jadi pastikan untuk meminta kontraktor kolam renang kepercayaan Anda untuk membangun kolam terbaik bagi Anda. Selain itu, lembar liners vinil berfungsi sebagai pembatas antara air dengan struktur kolam Anda dan pemasangannya sangat mudah dan fleksibel. Biasanya hanya membutuhkan waktu satu minggu dalam pemasangan dan 1 sampai 2 hari untuk mengisinya dengan air.

Pemeliharaan

Kolam renang yang sudah jadi akan menyerap energi sinar matahari pada permukaanya, hal ini akan menimbulkan resiko terjadinya sobekan pada permukaan vinil. Untuk itu Anda harus senantiasa memeriksa permukaan vinil secara berkala. Jika Anda menemukan kebocoran pada liner vinil Anda, Anda dapat dengan mudah menambal kebocoran dengan lem tempel yang tersedia dari dealer kolam renang. Namun, jika Anda khawatir kebocoran tersebut menyebabkan kerusakan lebih lanjut yang dapat menyebabkan retakan, celah, atau lubang pada struktur kolam renang Anda, segera hubungi kontraktor jasa kolam renang profesional kepercayaan Anda. Tidak seperti kolam beton, Anda tidak bisa menguras kolam vinyl secara mandiri. Anda juga harus menyewa vacum khusus untuk membersihkan kolam renang Anda. Jika terjadi gelembung pada permukaan vinil, maka akan dapat meningkatkan resiko kerusakan pada kolam renang Anda.

Anda juga bisa membersihkan bibir kolam dari kotoran dengan menggunakan spon dan menjaring kotoran yang mengapung dengan menggunakan skimmer biasa. Sedangkan untuk perawatan yang menggunakan bahan kimia dan klorin, harus dilakukan secara hati - hati. Untuk penggunaanya Anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu dan harus dilakukan secara berkala.

Jika Anda berpikir kolam renang vinyl tepat untuk Anda, mulailah dengan merancang kolam Anda, sekarang juga dan dapatkan perkiraan secara detail dari jasa kolam renang profesional pilihan Anda atau menghubungi nomor yang tertera dibawah ini.

* Respon cepat Jasa Kolam Renng Profesional: Telepon/WhatsApp. +6282131748714

Post a Comment for "Panduan Pemula untuk Kolam Renang Vinil"