Header Ads

Cara Memilih Ukuran Filter Yang Tepat untuk Kolam Renang Anda


 

Memilih filter yang tepat untuk kolam Anda tidak selalu mudah. Namun, sebelum membeli filter untuk kolam renang, Anda perlu mengetahui setiap detail tentang kolam Anda sehingga Anda dapat membeli filter sebaik mungkin.

#Langkah Pertama
Temukan luas permukaan dan volume air yang bisa ditampung kolam renang Anda. Pastikan Anda telah menghitung dengan tepat ukurannya dengan rumus matematika yang tepat. Untuk kolam renang persegi Anda bisa menggunakan rumus, Luas permukaan = Panjang x Lebar dan untuk kolam renang berbentuk lingkaran, Luas permukaan = 3,14 x Jari-Jari kuadrat.

#Langkah Kedua
Menghitung "flow rate" jumlah aliran terhadap volume air kolam renang. Terlebih dahulu Anda harus mengetahui besaran volume kolam renang Anda. Nilai ini dapat ditemukan pada data teknis kolam Anda dan membaginya dengan 360. Ini akan memberi tahu Anda berapa banyak galon air yang melewati filter Anda per menit. Perhitungan ini berfungsi untuk menentukan seberapa efektif filter yang Anda gunakan untuk kolam renang Anda.

#Langkah Ketiga
Tetapkan variabel untuk tingkat turnover kolam renang Anda. Ini berguna untuk mengetahui seberapa lama waktu yang dibutuhkan agar air benar-benar berputar melalui filter. Pada umumnya sebuah kolam renang memerlukan tingkat perputaran filtrasi standar minimum empat kali dalam 24 jam.

#Langkah Keempat
Pilih filter yang tepat sesuai dengan ukuran kolam renang. Semua filter memiliki rating desain galon per menit dan tingkat perputaran sendiri, jadi Anda harus menyesuaikan dengan kondisi kolam renang Anda.

Sebagai contoh: Untuk kolam setinggi 24 kaki (7,3 m) di atas permukaan tanah memiliki volume air kira-kira 13.500 galon (51.103,1 L). Sedangkan filter Hayward S166T memiliki tingkat perputaran 10 jam untuk volume air 18.000 galon (68,137,4 L), maka dapat disimpulkan pompa filter ini dapat digunakan dan dapat bekerja dengan baik untuk kolam ini.

#Langkah Kelima
Pertimbangkan seberapa banyak resistansi air yang bisa mempengaruhi tingkat perputaran kolam Anda. Semakin cepat air bergerak melalui pompa, semakin banyak daya tahan yang akan Anda miliki. Pilih filter yang setidaknya akan mengubah kolam Anda selama 10 jam. Mengunakan fitur filter yang lebih besar dari spesifikasi kolam Anda, akan membantu menjaga kejernihan air yang baik.

#Langkah Keenam
Ambil semua informasi yang dapat Anda kumpulkan tentang kolam Anda untuk menemukan ukuran filter yang sesuai. Dengan menggunakan persamaan sederhana Anda seharusnya tidak memiliki masalah. Sebelum mengumpulkan semuanya pastikan Anda telah menghitung dengan benar volume kolam renang (dalam galon) dan memutuskan tingkat perputaran yang masuk akal untuk semua air yang akan dialirkan melalui filter. Persamaan yang digunakan dalam menghitung ukuran filter adalah:

  • Kapasitas kolam dalam galon dibagi dengan tingkat perputaran yang diinginkan per jam.
  • Mempertimbangkan arus air minimum yang dibutuhkan gal / m (Gallons per menit).
  • Bagi nomor ini dengan 60 untuk mendapatkan gal / m. Dengan nilai ini Anda dapat mencocokan dengan spesifikasi filter yang ada di pasaran.
Jika Anda masih menemukan kesulitan menentukan filter terbaik untuk kolam renang Anda, lakukanlah konsultasi dengan kontraktor jasa kolam renang profesional kepercayaan Anda atau menghubungi kontak dibawah ini.

* Respon cepat Jasa Kolam Renng Profesional: Telepon/WhatsApp. +6282131748714

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.